Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

A.  Tujuan Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar   kompeten dalam :

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat;
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

B. Profil Kompetensi Lulusan Administrasi Perkantoran

     1. Kompetensi umum
        Mengacu pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3
  1. Beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia,
  2. Sehat,
  3. Cakap, kreatif,
  4. Mandiri,
  5. Demokratis, dan
  6. Tanggung jawab

2. Tuntutan dunia kerja

  1. Disiplin, dan
  2. Jujur

 3. Kompetensi Kejuruan Mengacu pada SKKNI

  1. Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran
  2. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
  3. Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
  4. Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  5. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
  6. Mengoperasikan aplikasi presentasi
  7. Mengelola peralatan kantor
  8. Melakukan prosedur administrasi
  9. Pengetahuan dasar manajemen
  10. Menangani penggandaan dokumen
  11. Menangani surat/ dokumen kantor
  12. Mengelola sistem kearsipan
  13. Membuat dokumen
  14. Memproses perjalanan bisnis
  15. Mengelola pertemuan/ rapat
  16. Mengelola dana kas kecil
  17. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
  18. Mengelola data/ informasi di tempat kerja
  19. Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja

C.  Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan Kompetensi administrasi perkantoran meliputi bidang pekerjaan :

  1. Staf Administrasi
  2. Resepsionis
  3. Operator Telepon
  4. Asisten Sekretaris
  5. Operator Komputer
X